-->
ads here

Sistem Input, Proses dan Output

advertise here
Sistem Input,Proses,dan Output - pengertian Input adalah komponen yang berfungsi memasukan data atau perintah kedalam komputer.
Proses adalah komponen yang berfungsi mengolah data ke dalam komputer setelah dari Input. 
Output adalah komponen yang berfungsi mengeluarkan data-data yang berbentuk informasi setelah dari proses. Contoh dari Output adalah:


INPUT

Keyboard


Suatu perangkat keras untuk memasukan data berupa karakter, dengan cara mengetik tombol-tombol atau toutch.

cara kerja keyboard

Setelah kita memberikan umpan dengan menekan tombol pada keyboard maka prossesor akan menerima umpan atau perintah tersebut, kemudian menerjemahkan atau memproses data perintah dan mengeluarkannya ke monitor.

Kegunaan keyboard

sebagai suatu alat input yang memiliki berbagai macam tombol yang mana setiap tombol memiliki fungsi yang berbeda-beda. 

Jenis-Jenis Keyboard

1. Keyboard PS/2
Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang jarang dipergunakan.
2. Keyboard Wireless keyboard
tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. 
3. Keyboard USB
Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektorUSB yang menjamin transfer data lebih cepat.

Mouse
Suatu perangkat keras yang dibutuhkan komputer untuk memilih atau menentukan sesuatu objeck pada layar, dan selanjutnya menentukan proses eksekusinya dengan cara meng”klik” tombol pada mouse.

Cara kerja mouse

Cara kerja mouse hampir sama dengan cara kerja keyboard yang memberikan umpan pada processor lalu menerjemahkan atau memproses perintah tersebut untuk mengeluarkan/meneruskan outputnya ke hardware atau software

Kegunaan mouse

Klik Kiri         : Untuk memilih Menu dan membuka Program dengan cara Double Klik.
Klik Kanan     : Untuk Membuka Menu Options, dan Untuk memilih menu Lainnya.
Scroll              : Untuk Mendrag dan juga Menaik Turunkan Scroll atau Lembaran menggerakan                                   pointer,menunjukan perintah atau program pada layar monitor.

Jenis-jesnis mouse
1. Mouse PS2

Mouse yang memiliki Ciri khas Berwarna Hijau di bagian Ujungnya, dan biasanya digunakan pada Komputer jenis ATX, Dan jenis ini sering di gunakan.

2. Mouse USB
      Mouse USB Berbentuk USB sehingga kecepatan Transfer yang cukup cepat membuat pengguna sangat berminat, dan berbeda dengan Port lainnya.

3. Mouse Wireles
     Mouse yang tergolong baru ini sudah menjadi popular bagi kalangan pengguna laptop maupun komputer, karena sudah menggunakan teknologi Wifi yang menggunakan Sensor kecil berbentuk USB, sehingga mampu di gunakan pada laptop, Mouse ini tergolong mahal jadi tidak semua orang memilikinya.

PROSES

CPU ( cetral processing unit )

perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. 

Pengertian
CPU merupakan Otak dari komputer yang bertugas mengatur seluruh kerja komputer. CPU mempunyai 2 fungsi yaitu :
 1. ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data.
 2. CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
 3. CPU berfungsi untuk melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan.

Cara kerja CPU
         Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage dan ditampung di output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.

OUTPUT
Monitor


Monitor merupakan Perangkat output komputer yang berupa layar untuk menampilkan data/gambar yang dikerjakan secara visual.

Fungsi monitor

Untuk mempermudah user dalam pengoprasian komputer dalam bentuk visual.

Cara kerja monitor
Saat data diambil oleh Control unit, Control unit menampungnya di Output storage setelah itu data akan di tampilkan di Monitor.

Jenis jenis monitor

1. LCD
Tidak memancarkan cahayanya sendiri seperti halnya monitor CRT. Pada teknologi LCD sumber cahaya berasal dari lampu neon berwarna putih yang tersusun secara merata pada bagian belakang.

2. LED
Memiliki teknologi yang sama dengan LCD. Perbedaan secara fisik pada LED umumnya terletak pada bentuknya yang lebih ramping / tipis.Pada beberapa tipe LED memiliki fungsi dan fitur yang lebihlengkap dibandingkan LCD, dibandingkan dengan LCD dengan kemampuan menghasilkan gambar yang sangat tajam.

3. CRT
   Saat ini minat terhadap monitor CRT sudah mulai ditinggalkan meskipun monitor CRT tetap diproduksi. Alasan mengapa pengguna mulai meninggalkan monitor CRT adalah dikarenakan oleh bentuknya yang besar dan berat sehingga memerlukan ruang ekstra untuk menempatkan monitor ini. Monitor ini menggunakan teknologi radiasi magnetic serta electromagnetic yang cenderung merusak mata juga melelahkan mata jika bekerja terlalu lama didepannya. 

 Printer

 perangkat keras (hardware) dimana perangkat itu akan bekerja apabila pengguna menghubungkannya dengan perangkat komputer, yang bisa digunakan untuk keperluan mencetak tulisan, gambar, dan grafik ke dalam bentuk kertas atau sejenisnya . 

Fungsi Printer
  untuk mencetak tulisan, gambar, grafik, dan data lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenisnya. Adapun istilah resolusi pada printer itu sendiri, yaitu dpi atau singkatan dari dot per inch. Maksud dari istilah tersebut adalah banyaknya jumlah titik dalam area yang memiliki luas 1 inci. Apabila semakin besar resolusi printer, maka bisa dipastikan hasil cetakan juga akan semakin bagus. Dan sebaliknya, apabila resolusi printer yang diusungnya terbilang kecil, maka hasil cetakan pun juga tidak terlalu bagus.

Jenis jens printer

1. Printer Dot Matrix
Jenis printer ini merupakan printer yang menggunakan metode pita dalam proses pencetakannya. Hasil cetakan akan terlihat seperti titik yang saling terhubung satu sama lain.

2. Printer Inkjet
Jenis printer inkjet merupakan jenis printer yang menggunakan media tinta cair dalam proses pencetakannya.

3. Printer Laser Jet
Jenis printer ini merupakan jenis printer yang memakai media tinta bubuk atau yang biasa disebut toner dengan menggunakan perangkat infra red dalam proses pencetakannya.

Speaker

perangkat keras output yang bertujuan mengeluarkan hasil pemrosesan oleh CPU berupa audio/suara. Speaker juga bisa di sebut alat bantu untuk keluaran suara yang dihasilkan oleh perangkat musik seperti MP3 Player, DVD Player dan lain sebagainya.

Fungsi Speaker

1. sebagai alat untuk mengubah gelombang listrik yang mulanya dari perangkat penguat audio/suara menjadi gelombang getaran yaitu berupa suara itu sendiri. Proses dari perubahan gelombang elektromagnet menuju ke gelombang bunyi tersebut bermula dari aliran listrik yang ada pada penguat audio/suara kemudian dialirkan ke dalam kumparan.

2. Dalam kumparan tadi terjadilah pengaruh gaya magnet pada speaker yang sesuai dengan kuat-lemahnya arus listrik yang diperoleh maka getaran yang dihasilkan yaitu pada membran akan mengikuti. Dengan demikian, terjadilah gelombang bunyi yang dalam keseharian dapat kita dengar.

Jenis speaker berdasarkan suara yang dihasilkannya :

1. Woofer adalah jenis speaker yang menghasilkan output suara nada rendah 
2. Midrange adalah jenis speaker yang menghasilkan output suara nada menengah
3. Twitter adalah jenis speaker yang menghasilkan output suara nada tinggi .





Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()