-->
ads here

Perangkat Exsternal/Peripheral Sistem Komputer

advertise here
Perangkat Exsternal/Peripheral Sistem Komputer - Peripheral komputer merupakan peralatan tambahan komputer yang dibutuhkan untuk keperluan – keperluan lain. Misalnya koneksi jaringan, mencetak, atau mengambil gambar. Peripheral tersebut meliputi Printer, Scanner, Modem, Network Card, dan lain sebagainya. Instalasi peripheral meliputi instalasi secara fisik dan instalasi secara software.Instalasi fisik meliputi pemasangan peripheral dengan baik dan benar, dan instalasi software meliputi pengenalan peripheral terhadap sistem operasi yaitu dengan menginstall driver yang dibutuhkan.



1. Printer
    Printer merupakan alat yang digunakan untuk mencetak keluaran dari proses yang dilakukan oleh komputer baik tulisan maupun grafik secara langsung dengan menggunakan media kertas ataupun yang lainnya. Ada tiga jenis printer yang beredar dipasaran. Dot matrik, Ink Jet, dan Laser Jet. 

   Printer Dot Matrik merupakan printer yang menggunakan pita sebagai alat percetakannya. Ink Jet menggunakan tinta, sedangkan laser jet menggunakan serbuk laser. Sedangkan jenis konektor printer ada dua macam yaitu melalui konektor Paralel Port dan USB Port.

2. Scanner

    Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi.Yaitu memindai gambar dan text. Hanya sajahasilnya akan terlihat di layar, bukan di kertas. Scanner tidak akan bekerja pada sistem operasi apabila tidak ada driver di dalam sistem operasi tersebut.

3. Modem

  Modem merupakan salah satu perangkat komputer untuk perantara komputer dengan saluran telphone agar data berhubungan Internet Service Provider (ISP). Modem ada dua macam, yaitu modem internal dan modem external. Modem internal yaitu modem yang pasang di dalam motherboard dalambentuk kartu.
   Teknik pemasangannya sama seperti kartu – kartu lain pada umumnya. Sedangkan modem external adalah yang dapat dipasang dan dilepas sewaktu-waktu.Karena pemasangan modem hanya tinggal menancapkan konektor yang telah disediakan seperti USB atau Serial Port.

4. VGA card

        Kartu VGA dalam komputer generasi sekarang sudah menjadi satu dengan mainboard dengan memori sekitar 32 MB, tetapi kualitas grafisnya kurang bagus. Kualitas resolusi grafis monitor dapat 
ditingkatkan dengan cara menambahkan VGA card yang dipasang pada slot PCI (Peripheral Component Interconnect) dan AGP (Accelerated Graphics Port). 
     Kapasitas memori VGA yang besar akan membuat tampilan grafis lebih bagusdan dapat digunakan untuk software game yang membutuhkan resolusi grafis yang tinggi. Saat ini peran AGP mulai digantikan dengan PCI Express.

5. Card Reader

Digunakan untuk membaca memori flash seperti :
  1. Multimedia Memory Card (MMC)
  2. Secure Digital (SD)
  3. Extreme Digital (XD)
  4. Memory Stick
  5. Compact Flash
6. TV tuner card

Alat ini mampu menampilkan gambardari channel-channel televisi. Prinsip kerjanya sama seperti TV.

7. Pc camera
Alat ini digunakan untuk mengirim video sedara real-time kepada orang lain melalui komunikasi internet dengan teknologi webcam. Anda akan bisa melakukannya jika orang yang anda ajak komunikasi memiliki webcam juga.

8. Joystick

Alat berbentuk tongkat kecil(biasanya dilengkapi beberapa tombol dengan fungsi yang bisa diatur) untuk memudahkan bermain game, misalnya mengendalikan pesawat atau mobil.Dapat juga berfungsi sebagai mouse.

Artikel terkait



Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()